Sosialisasi Keimigrasian bagi Calon Jamaah Haji Tahun 2018

Dalam rangka memberi pelayanan kepada masyarakat dengan baik, efisien dan transparan, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah memberi edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan layanan yang diberikan. Kantor Imigrasi Bengkulu sebagai salah satu institusi pelayanan masyarakat dari awal senantiasa berupaya dengan segala langkah dan kegiatan senantiasa memberi informasi kepada masyarakat, baik itu melalui media maupun kegiatan sosialisasi dengan tujuan bahwa masyarakat mendapat informasi yang benar sehingga ketika mengajukan permohonan layanan ke Kantor Imigrasi sudah tidak mengalami kesulitan lagi karena ketidaktahuan, dan dapat terlayanani dengan cepat dan mudah.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada Februari 2018 adalah kegiatan Sosialisasi kepada Calon Jamaan Haji tentang Pelayanan Permohonan Paspor RI dan Pelayanan Pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Keimigrasian pada saat Embarkasi dan Debarkasi untuk Jamaah Haji Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Tengah pada tanggal 14 Februari 2018 bertempat di Aula Sakinah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah, kemudian di Kabupaten Seluma pada tanggal 21 Februari 2018 bertempat di Mushola Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma, dan di Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 26 Februari 2018 bertempat di di Mushola Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu. Kegiatan sosialisasi ini terlaksana dengan kerja sama dan koordinasi dengan Kementerian Agama kota/kabupaten setempat, dan diikuti dengan antusias oleh Calon Jamaah Haji Tahun 2018 dan aparat dari institusi terkait. Menjadi narasumber untuk kegiatan sosialisasi tersebut adalah Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian dan Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian dari Kantor Imigrasi Bengkulu.

Dalam kegiatan tersebut disosialisasikan tentang tata cara pelayanan Paspor RI untuk Calon Jamaah Haji, persyaratan yang harus dilampirkan, proses pembayaran dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Bengkulu untuk mempermudah pemohon Paspor RI, seperti adanya kerja sama antara Kantor Imigrasi Bengkulu dengan Kantor Pos Cabang Bengkulu untuk layanan membayaran biaya Paspor RI di mobil layanan Kantor Pos yang terdapat di halaman Kantor Imigrasi Bengkulu,  layanan mengantar Paspor RI yang telah selesai proses melalui jasa Kantor Pos. Selain itu juga menginformasikan tentang kemudahan untuk mengambil nomor antrian secara online melalui aplikas “Paspor Online”, dan informasi tentang media komunikasi apabila memerlukan informasi terkait layanan keimigrasian, seperti SMS gateway, Email Pengaduan Masyarakat, dan website Kantor Imigrasi Bengkulu.

Selain itu disosialisasikan juga tentang tata cara Pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang akan dilakukan untuk Calon Jamaah Haji dari Provinsi Bengkulu, dokumen yang harus dipersiapkan dan alur-alur pemeriksaan Embarkasi dan Debarkasi.