Penyebaran Informasi Keimigrasian Melalui Perkuliahan di IAIN Bengkulu

Sebagai institusi pelayanan publik, Kantor Imigrasi dituntut untuk senantiasa berinteraksi secara positif dalam memberikan informasi layanan keimigrasian kepada masyarakat. Kantor Imigrasi Bengkulu yang wilayah kerjanya sangat luas meliputi seluruh wilayah Provinsi Bengkulu selama ini telah melakukan kegiatan-kegiatan penyebaran informasi, baik melalui sosialisasi langsung ke masyarakat maupun melalui media elektronik atau media sosial.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah melalui kegiatan perkuliahan pada tanggal 04 Oktober 2017 di Kampus IAIN Bengkulu sehubungan dengan mata kuliah Manajemen Perlindungan Jamaah Haji dan Umrah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan materi keimigrasian yang disampaikan ke mahasiswa saat itu adalah :

  1. pelayanan keimigrasian khususnya pelayanan penerbitan Paspor RI;
  2. upaya-upaya pencegahan terjadinya pengiriman TKI yang tidak sesuai dengan ketentuan (TKI nonprosedural) yang mana salah satu modus operandinya adalah ibadah haji khusus/umrah, di mana disampaikan persyaratan tambahan yang harus dilampirkan bagi WNI pemohon Paspor RI dengan tujuan haji/umrah, begitu juga ketika pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi bagi WNI yang akan menunaikan ibadah haji khusus/umrah harus melampirkan persyaratan tambahan;
  3. perlindungan WNI di luar negeri, penanganan keimigrasian apabila WNI mengalami permasalahan di luar negeri, penanganan bidang lainnya selain bidang Imigrasi;
  4. penyampaian informasi tentang perwakilan RI yang ada di Kerajaan Arab Saudi, juga penyampaian media informasi dan komunikasi apabila ada hal-hal terkait pelayanan keimigrasian yang ingin ditanyakan/diketahui.

Kegiatan pemberian materi keimigrasian pada perkuliahan tersebut akan dilaksanakan selama dua kali, diharapkan pada kegiatan tersebut mahasiswa dapat memahami tentang pelayanan keimigrasian khususnya pelayanan pemberian Paspor RI,  pelayanan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi dan pelayanan/perlindungan WNI di luar negeri.