PENYEBARAN INFORMASI KEIMIGRASIAN DI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BENGKULU, DIALOG INTERAKTIF DENGAN TEMA “PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BENGKULU”

Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang. Dalam hal perkembangannya banyak faktor yang sangat berperan didalamnya, salah satunya adalah peran dari media massa sebagai alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio dan televisi.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu sebagai Unit Pelayanan Teknis dibawah Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, membawahi wilayah kerja seluruh Provinsi Bengkulu. Salah satu fungsi Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu yaitu menyebarkan informasi kepada masyarakat. Secara geografis letak Provinsi Bengkulu terdiri dari pesisir garis pantai, pegunungan dan dataran tinggi. Letak geografis tersebut sangat menyulitkan dan high cost apabila Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu melakukan fungsi penyebaran informasi keimigrasian secara langsung.

Dalam memaksimalkan fungsi penyebaran informasi keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu pada hari Kamis tanggal 12 Maret tahun 2020 melaksanakan penyebaran informasi keimigrasian dengan tema “Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan Narasumber Bapak Samsu Rizal selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengklu. Kegiatan penyebaran informasi keimigrasian ini diadakan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait tugas dan fungsi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu serta pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu.

                       

Kegiatan penyebaran informasi keimigrasian ini dilaksanakan guna memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait tugas dan fungsi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu serta upaya pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu dan kegiatan ini juga bertujuan agar dapat mencegah terjadinya pelanggaran keimigrasian.